Rabu, 15 Juni 2016

Kain Tenun Ikat Troso

Seputar Kain Tenun Ikat Troso


Kabupaten Jepara yang terletak di bagian timur laut provinsi Jawa Tengah sudah cukup lama dikenal sebagai Kota Ukiran. Ya, memang tidak diragukan lagi potensi perekonomian sebagian besar masyarakat di Jepara bersumber pada geliat permintaan masyarakat dari daerah-daerah lain di Indonesia bahkan mancanegara atas produk-produk ukirannya. Akan tetapi, terdapat sebuah kerajinan lainnya yang khas dari Jepara yang memiliki nilai seni yang tinggi. Bahkan seiring berjalannya waktu, kerajinan tersebut mulai bersaing dengan kerajinan asal Jepara yang lain, yakni industri ukir dan mebel Jepara. Kerajinan tersebut adalah kerajinan kain tenun ikat khas Jepara yang telah diakui keindahannya.
Kain tenun ikat ini sering dikenal dengan sebutan kain tenun troso. Mengapa Troso? Apa sih artinya? Mungkin Anda bertanya-tanya seperti demikian. Sebenarnya, troso diambil dari nama dimana kain tenun ikat tersebut bermula, yakni di Desa Troso, Kabupaten Jepara. Sebagian besar masyarakat Troso memiliki sumber perekonomian yang berasal dari kerajinan kain ikat ini.
Walaupun dibuat melalui proses dan alat-alat yang terbilang tradisional, namun kain tenun ikat yang dihasilkan dapat bersaing dengan hasil dari kain-kain yang diproduksi oleh pabrik-pabrik kain yang lain. Demi mendapatkan kain tenun yang memiliki pola dan juga corak warna yang berkualitas nan indah, memanglah harus dibuat dengan proses yang tradisional dan memakai peralatan konvensional. Mengapa bisa demikian? Sebab apabila menenun dengan memakai mesin canggih, corak serta motif yang dihasilkan tidak bisa bermacam-macam.
Tiap bulan bahkan minggunya selalu ada saja motif maupun corak baru dari kain troso jepara yang dihasilkan dan bisa membuat kagum para pecinta kain tenun yang bisa dilihat dari permintaan akan produk kain ikat troso yang semakin meningkat. Anda disediakan banyak pilihan jenis kain ikat yang cantik-cantik. Berbagai produk yang berguna pun dijual dengan bahan dasar kain ikat troso, diantaranya: taplak meja, syal, sarung, dan juga bahan pakaian.
Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung kualitas tenun ikat troso tersebut, kerumitan pola, dan berapa meter kain yang Anda inginkan.
Apabila Anda ingin mendapatkan kain tenun ikat tradisional yang terjamin mutu dan kualitasnya, toko dengan akun Instagram toko_kain_tenun adalah opsi terdepan untuk Anda. Di toko kain tenun tersebut, tersedia beragam jenis dan corak kain tenun ikat tradisional Jepara yang memikat mata, seperti: jenis jumputan pelangi, jenis blanket dengan berbagai motif warna, tenun Obama, motif cumi Kalimantan, tenun kombinasi batik Jepara, dan ada juga tenun baron sulam.
Di akun Instagram toko_kain_tenun terpampang berbagai macam motif yang bisa dengan mudah Anda pilih sesuai selera. Produk-produknya sangat cocok sekali untuk digunakan sebagai hadiah untuk orang tersayang. Ukuran kain tenun ikat di toko_kain_tenun adalah 200x100 sentimeter. Seluruh produk dipastikan menggunakan proses tradisional dan berbahan benang katun berkualitas.
Bagaimana? Tertarik? Ayo buruan follow akun Instagram toko_kain_tenun sekarang juga dan pilih sesuai selera! Apabila sudah mendapatkan produk kain ikat yang menarik hati, Anda bisa memesannya melalui BBM dengan pin 27ffe2d3, atau melalui nomor handphone 087733741848. Selain kedua cara tersebut, Anda juga bisa memesan melalui email tokokaintenun@gmail.com atau bisa juga dengan follow akun twitter @tokokainten dan direct message dengan menyebutkan produk mana yang Anda ingin pesan.
  Save Save

Tidak ada komentar:

Posting Komentar